Pages

Rabu, 29 Mei 2013

CFC DAN OZON

CFC DAN OZON
Bumi merupakan pelanet ketiga di tata surya. Dalam perkembangan serta asal usulnya bumi dan tata surya terbentuk dari teori “BIG BANG” yang masih kita percaya hingga saat ini. Bumi adalah tempat tinggal mahkluk hidup, yang terdiri dari 70% lautan dan 30% daratan. Bumi di lindungi oleh semacam lapisan-lapisan. Lapisan yang kita kenal adalah lapisan ozon. Ozon adalah molekul yang terdiri dari tiga atom Oksigen. Lapisan ozon adalah suatu lapisan yang terletak di lapisan stratosfir, 20 – 45 km diatas permukaan bumi, yang terdiri dari molekul-molekul ozon. Lapisan ini dapat menyerap radiasi ultra violet yang dipancarkan matahari. Pada lapisan ini ozon terbentuk dan terurai melalui keseimbangan dinamis. Keberadaan bahan-bahan kimia tertentu di stratosfir dapat mengganggu kesetimbangan reaksi tersebut, sehingga semakin lama molekul ozon semakin berkurang, dan menimbulkan lubang ozon.
Ozon (O3) dihasilkan apabila O2 menyerap sinar ultraviolet pada jarak gelombang 242 nanometer dan disingkirkan dengan fotosintesis dari sinar bagi jarak gelombang yang besar dari 290 nm. O3 juga merupakan penyerap utama sinar UV antara 200 dan 330 nm. Penggabungan proses-proses ini efektif dalam meneruskan kekonstanan bilangan ozon dalam lapisan dan penyerapan 90% sinar UV. Ozon adalah salah satu gas yang membentuk atmosfer. Molekul oksigen (O2) yang dengannya kita bernapas membentuk hampir 20% atmosfer. Pembentukan ozon (O3), molekul triatom oksigen kurang banyak dalam atmosfer di mana kandungannya hanya 1/3.000.000 gas atmosfer.

Proses Terjadinya Perusakan Lapisan Ozon Oleh CFC
Ozon adalah molekul dalam bentuk gas yang terjadi secara alami yang ditemukan pada atmosfer bumi. Molekul ini dapat menyerap panjang gelombang tertentu dari radiasi ultraviolet matahari sebelum mencapai permukaan bumi. Pada lapisan Stratosfer radiasi matahari memecah molekul gas yang mengandung khlorin atau bromin dan menghasilkan radikal Khlor dan Brom. Radikal-radikal khlorin dan bromin kemudian melalui reaksi berantai memecahkan ikatan gas-gas lain di atmosfer, termasuk ozon. Molekul-molekul ozon terpecah menjadi oksigen dan radikal oksigen. Dengan terjadinya reaksi ini akan mengurangi konsentrasi ozon di stratosfer. Semakin banyak senyawa yang mengandung Khlor dan Brom perusakan lapisan ozon semakin
Lapisan Ozon di stratosfer menyerap radiasi ultra-violet yang berbahaya dari matahari. Dengan bertambahnya bahan kimia buatan manusia yang mengandung senyawa khlorin dan bromin, akan ikut merusak molekul ozon pada lapisan ini. Teori pertama yang mendukung CFC sebagai perusak lapisan ozon di stratosfer dikemukakan pada tahun 1974 oleh Sherwood Rowland dan rekannya Mario Molina dari Universitas California.
CFC alias Chlorofluorocarbon adalah senyawa organik yang mengandung karbon , klorin , dan fluor , diproduksi sebagai turunan dari metana dan etana. CFC juga biasa dikenal dengan nama dagang Freon . Yang paling umum ditemukan adalah dichlorodifluoromethane (R-12 atau Freon-12). CFC banyak telah banyak digunakan sebagai pendingin , propelan (dalam semprotan aerosol), dan pelarut. Dan yang paling utama CFC adalah senyawa utama yang berkontribusi merusak ozon sampai saat ini.
Sifat kimiawi CFC umumnya toksisitas rendah (tidak beracun), reaktivitas rendah (sulit bereaksi), dan tidak mudah terbakar. Singkatnya CFC itu sangat stabil bahkan aman untuk dihirup, karena itu CFC banyak digunakan karena kestabilan yang dianggap “aman” tersebut. Tetapi ini menimbulkan masalah lain. Saking stabilnya CFC itu sehingga CFC sulit terurai.
Dibanding gas-gas lain yang dapat merusak ozon CFC itu sangat stabil, jika senyawa-senyawa lain yang naik ke atmosfer terurai karena bereaksi di lapisan troposfer. CFC karena kestabilan senyawanya bisa naik ke lapisan ozon dan bereaksi dengan ozon. Inilah sebab utama CFC menjadi senyawa yang dianggap berbahaya. Sejak adanya Protokol Montreal pada tahun 1987 produksi CFC ditekan drastis. Pada tanggal 2 Maret 1989, 12 negara Masyarakat Eropa setuju untuk melarang produksi semua CFC pada akhir abad ini. Pada tahun 1990 diserukan penghapusan CFC di eropa pada tahun 2000. Dan tahun 2010 CFC harus benar-benar dihilangkan termasuk di negara-negara berkembang.

sumber : "http://bdv09.wordpress.com/about/cfc-dan-ozon/"

0 komentar:

Posting Komentar